Januari 06, 2016

Ini nih 14 makanan yang bisa bikin badmood jadi goodmood


 
           Badmood kadang bikin kamu jadi kacau dalam melakukan sesuatu. Belajar jadi tidak fokus salah satu contohnya. Gak mau dong gara-gara badmood semua kegiatanmu jadi berantakan.
           Nah, atasi mood swing kamu dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 serta vitamin B12.
            Para peneliti menemukan bahwa makanan yang kaya akan omega-3 serta vitamin B12 dapat mengatasi mood swing dan mengembalikan senyummu. Lalu, apa saja sih makanan yang bisa bikin mood kamu membaik?
1.      Cokelat
            Kebanyakan orang pasti menyukai makanan yang satu ini. Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata coklat juga bisa membuat kita menjadi lebih bahagia.

            Hal ini karena di dalam coklat terkandung zat tryptophan, yaitu suatu zat yang dapat membantu mengurangi gejala depresi. Manisnya cokelat dapat meningkatkan hormon endorfin yang dapat membuatmu bahagia dan mengurangi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres. Tetapi, mengingat jumlah kalori dan gulanya banyak, batasi juga konsumsi cokelat agar tidak berlebihan, ya. 

2.      Es Krim


            Mengkomsumsi es krim yang terkenal kaya akan kandungan kalori dapat membuat perasaan bahagia. Semangkuk besar es krim selalu sukses membuat mood seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya, karena es krim mengandung banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak dan tentunya akan mengurangi stres.

3.      Pisang


            Buah yang satu ini ternyata juga buah sehat yang disarankan. Zat  triptofan dan asam amino esensial yang terkandung dalam buah pisang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh kita. Hormon ini dapat memperbaiki suasana hati kamu.

4.      Kacang Almond

            Almond mengandung vitamin E yang sangat baik untuk tubuh selain berfungsi menurunkan berat badan almond juga berguna mengurangi tingkat depresi. Sebuah penelitian mengatakan mengkonsumsi almond sebanyak 30 gram dalam sehari dapat membuat pikiran lebih tenang.

5.      Ikan Salmon

            Kandungan omega 3 yang ada pada ikan salmon mampu memenuhi kebutuhan lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Lemak tak jenuh ini juga memperkuat sel-sel tubuh yang memproduksi hormon peningkat suasana hati seperti hormon endorfin.

6.      Makanan Pedas

            Saat anda dilanda rasa marah dan stres, buruan cari makanan-makanan yang pedas-pedas. Beli bakso, mie, atau makanan lainnya dengan tambahan sambal cabai yang banyak. Karena makanan yang diberi tambahan cabai dapat meningkatkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan membuat anda lebih bahagia.

7.      Sayuran Hijau

            Sayur-sayuran berwarna hijau mengandung  vitamin B yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter, yang mampu meredakan stres dan meningkatkan mood kita.

8.      Buah Berry

            Buah-buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry ternyata juga dapat membuat orang yang memakannya menjadi senang loh. Hal ini karena buah berry mengandung anthocyanidins dan anthocyanins yang dapat membantu menghilangkan stress.

9.      Alpukat

            Buah yang mengandung lemak sehat ini ternyata juga bisa mengurangi stres dan membuat orang yang memakannya menjadi lebih bahagia. Hal ini karena alpukat kaya akan asam folat yang bisa meningkatkan energi dan metabolisme di dalam tubuh kita. Setelah memakan alpukat, pasti mood dan semangat anda akan meningkat.

10.  Teh Hijau

           Teh hijau kaya akan zat theanine, yakni antioksidan yang dapat mendorong produksi dopamine dan serotonin. Kedua hormon tersebut dapat membantu mengurangi stres dan membuat sanda merasa lebih senang.
11.  Gandum

            Gandum mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi hormon serotonin yang berfungsi untuk menenangkan otak.

12.  Puding

            Puding apapun yang Anda makan, baik itu buah, susu, cokelat, bisa membantu merilekskan dan membangkitkan mood kita. Puding buatan sendiri tentunya lebih nikmat dan menyehatkan.

13.  Sarden

            Puding apapun yang Anda makan, baik itu buah, susu, cokelat, bisa membantu merilekskan dan membangkitkan mood kita. Puding buatan sendiri tentunya lebih nikmat dan menyehatkan.

14.  Rumput Laut


            Selain berfungsi untuk mengoptimalkan kerja kelenjar tiroid, ternyata kandungan yodium dan mineralnya yang sangat tinggi dalam rumput laut juga meningkatkan metabolisme tubuh, serta meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati.

So, yang mana makanan favorit kalian guys? 

0 komentar:

Posting Komentar